Kadinsos Kapuas : Peran Keluarga dan Masyarakat Penting Dalam Penanganan ODGJ

Kepala Dinas Sosial atau Kadinsos Kabupaten Kapuas, Budi Kurniawan mengatakan peran keluarga dan masyarakat penting dalam hal penanganan penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa atau ODGJ.
Menurut Budi, penanganan ODGJ memerlukan sinergi dan kerjasama dari semua pihak, khususnya keluarga dan masyarakat.
“Karena peran keluarga dan masyarakat sangat menentukan untuk proses rehabilitasi sosial yang berkelanjutan,” kata Budi Kurniawan kepada wartawan, Jumat, 7 Oktober 2022.

Misalnya dalam hal kesadaran untuk memberikan obat-obatan dan perawatan di lingkungan keluarga. Ini menjadi peran dari keluarga dalam memperhatikan penderita ODGJ.
“Perhatian keluarga dan masyarakat dalam penanganan ODGJ merupakan faktor penentu untuk menjamin bahwa ODGJ tetap mendapatkan perlakuan yang layak sebagai manusia,” ucapnya.
Disampaikan Budi bahwa Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan serta OPD terkait lainnya secara sinergis dan kolaboratif akan terus aktif mendorong program dan kegiatan dalam rangka penanganan ODGJ terutama yang masih dalam pasungan.
“Sehingga kita berharap ke depan tidak ada lagi ODGJ yang dipasung dan dapat ditangani secara medis maupun rehabilitasi sosialnya,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *